Kamis, 28 Juni 2018

PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP PSIKOLOGI KOMUNIKASI

Mata kuliah Psikologi Komunikasi yang di ajarkan pada Mahasiswa Semester VI, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi, Sastra, Sosial dan Politik (FESSOSPOL) Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (Week 2) 







13 komentar:

  1. Erik Maulana (17 821 016)

    Saya ingin bertanya, dalam psikologi komunikasi, kita mempelajari tentang sikap, dan ternyata sikap tidak sama dengan perilaku, mengapa demikian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Erik...
      Umumnya perilaku seseorang banyak di pengaruhi oleh sikap orang tersebut. Misalnya jika seseorang mempunyai sikap (pendirian) bahwa menabung itu baik, maka dia akan berperilaku menabung. Mengapa demikian, karena perilaku di pengaruhi oleh sikap itu sendiri (yang dimaksud sikap ini adalah sesuatu yang sdh ada pada orang tersebut, diluar dari apa yang di pelajari tentang sikap dalam Psikologi Komunikasi) namun selain sikap; perilaku juga di pengaruhi oleh adat, lingkungan, keluarga, emosi, nilai, etika, kekuasaan, dll. Sehingga jika perilaku sesorang tdk sesuai dengan sikap yang di milikinya maka bisa saja perilakunya di pengaruhi oleh faktor lain di luar sikap.

      Hapus
  2. Febry Oktavira Widyaningrum
    (17 821 007)


    Saya ingin mengajukan pertanyaan, Apakah psikolog bisa membaca pikiran? Lalu apakah psikolog bisa menghipnotis orang juga menanamkan sesuatu ke dalam pikiran seseorang?
    Dan apakah seorang psikopat perlu ditangani oleh seorang psikiater untuk menyembuhkannya?


    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Vira.........
      Pertama, Psikologi tidak dapat membaca pikiran namun dapat memahami sebuah tingkah laku lalu menafsirkannya. Kedua, psikologi tidak menghipnotis orang namun untuk menannamkan sesuatu kepada orang lain agar mengikuti kehendak komunikator berdasarkan Psikologi Komunikasi mka hal itu di mungkinkan (Baca juga topik :Pendekatan Psikologi Komunikasi dan komunikasi efektif https://hendrikvallenayomi.blogspot.com/2018/06/pendekatan-psikologi-komunikasi.html) Ketiga, untuk pertanyaan yang ketiga merupakan ranah Ilmu Psikologi murni, psikologi komunikasi hanya mengkaji seputar pesan yang ditimbulkan lalu apa reaksinya. Selebihnya dapat di rangkum bahwa komunikasi hanya mempersoalkan masalah Konginif, Afektif dan Konatif. Hal ini juga dapat di lihat di pendekatan psikologi komunikasi. Demikian

      Hapus
  3. Heronimus sawaki
    17 821 013

    Bapa saya mau bertanya terkait dengan proses komunikasi yang dapat mempengaruhi dan juga mengganggu psikologi dari komunikan, contoh :

    Ada sebuah informasi yang menyampaikan tentang kondisi/situasi yang saat ini marak terjadi yaitu covid 19, ketika kita mendengar informasi tersebut psikologi kita mulai terganggu hingga timbul ketakutan.

    Pertanyaannya:
    Bagaimana caranya agar kita dapat menerima suatu informasi tanpa mengganggu dan mempengaruhi psikologi kita?


    Terimakasih..


    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Hero ......
      Caranya ialah dengarlah informasi dari lembaga atau orang yang memiliki kredibilitas mengenai hal tersebut (Baca juga topik mengenai karakteristik komunikator di https://hendrikvallenayomi.blogspot.com/2018/06/pendekatan-psikologi-komunikasi.html) Contoh: Covid-19, untuk ini harus di dengar dari pakarnya yang kredibil jika kita dengan dari berbagai sumber yang tidak jelas dan terkesan menakut-nakuti maka hal itu akan mempengaruhi tingka laku kita yang membuat kecemasan berlebihan.

      Hapus
  4. Selamat siang bapa Saya ingin mengajukan dua pertanyaan

    bagaimana jika seseorang merasa tertekan Dengan perasaan yang campur aduk di dadanya? Apakah itu normal?


    Apakah ada semacam standardisasi dalam ilmu psikologi yang digunakan dalam pemahaman kepribadian seorang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ledy.....
      untuk pertanyaan pertama dan kedua, tolong di spesifikan agar bisa di jawab dengan baik, karena pertanyaannya masih terlalu umum dan kurang menekankan kepada materi yang di jelaskan diatas.

      Hapus
  5. Bapak, menurut materi diatas, psikologi komunikasi memiliki pengertian yaitu sebagai ilmu yang menguraikan, meramalkan dan mengendalikan peristiwa mental dan behavioral dalam komunikasi.

    Yang saya mau tanyakan disini adalah bagaimana seorang bisa mengendalikan peristiwa mental dan behavioral dalam komunikasi?

    Terimakasih bapak..


    Ivana Ericka Waromi (16 821 010)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ivana........
      untuk mengendalikan peristiwa mental dan behavioral dalam komunikasi, maka penting bagi komunikator untuk mengetahui hal-hal yang merupakan kencendrungan-kenderungan yang ada pada komunikan/khalayak. Dengan mengetahui hal tersebut maka mudah untuk menganalisis proses komunikasi dalam mengirim pesan dan menerima pesan. Bahkan dengan mudah komunikator akan mengendalikan peristiwa mental dan perilaku (behavior) dari komunikan.

      Hapus
  6. Bapak saya mau bertanya mengenai materi tentang pengertian psikologi komunikasi secara umum.. Yang mengatakan psikologi komunikasi sebagai ilmu yang mengendalikan peristiwa mental dan behavioral dalam komunikasi. Pertanyaannya seberapa besar pengaruh ilmu psikologi sehingga iya dapat mempengaruhi peristiwa mental dan behavioral dalam dri manusia? Dan apa kaitannya peristiwa mental dan behavioral(hasil belajar manusia) dgn ilmu psikologi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Onci.....
      Psikologi komunikasi pada dasarnya merupakan ilmu yang bersifat untuk mengendalikan peristiwa mental dan perilaku dalam berkomunikasi. Sehingga untuk pertanyaan seberapa besar pengaruh psikologi dalam mempengaruhi mental dan perilaku sangat bergantung pada komunikator itu sendiri dan hal tersebut sangat relatif karena tidak ada ukuran pasti. Lalu kaitan Psikologi dengan mental dan perilaku dapat di jelaskan bahwa objek kajian psikologi komunikasi yaitu mental dan perilaku.

      Hapus
  7. Saya ingin bertanya
    Jelaskan pengertian psikologi komunikasi di dalam membicarakan tentang manusia yang berperilaku. baik yang tampak
    Maupun yang tidak dampak... Berikan contoh

    BalasHapus