Senin, 14 September 2015

SEJARAH GEREJA KALVARI PENTAKOSTA MISSI DI INDONESIA KHUSUS JEMAAT EKKLESIA POLIMAK II JAYAPURA

Oleh : Hendrik Vallen Ayomi, S.Th.

BAB I
SEJARAH SINGKAT GEREJA KALVARI PENTAKOSTA MISSI DI INDONESIA (GKPMI)
(Dikutip dari Buku Tunaikan Tugas Pelayanan Mu
Oleh : Almahrum Pdt. DR. Simon Bira, M.Th).

Asal Usul
       Gereja Kalvari Pentakosta Missi Di Indonesia bukanlah gereja cabang dari satu aliran gereja di Indonesia. Ia lahir secara murni tanpa ada perselisihan atau perebutan kekuasaan.
       Bermula ketika dua misionaris dari Pentecostal Church of God (PCG) yang berpusat di Joplin, Missouri Amerika Serikat, menyatukan visi dan missi untuk menjangkau belahan bumi, yakni negara indonesia. Missionaris yang pertama adalah Rev. william Arnold Parsons, yang ketika itu baru pensiun dari Kepala Kantor Pos Besar Los Angeles, California. Ia membuat permohonan kepada pengurus pusat PCG di Joplin untuk menjadi Missionaris ke Indonesia. Namun karena usianya telah di atas lima puluh tahun maka permohonan itu di tolak. Penolakan itu tidak membuat ia putus asa. Istrinya yang berperan sebagai penolong, dengan kepekahannya terhadap maksud Allah, mencoba mengkumpulkan semua keluarga untuk berdoa dan berpuasa mencari kehendak Tuhan, yang pada akhirnya diputuskan untuk berangkat dengan biaya sendiri. Missionaris lainnya adalah Rev. Eugene Loving yang berasal dari origen Amerika.
       Pada bulan April 1946 Team Missionaris ini melakukan perjalanan dari San Fransisco Amerika ke Indonesia. Sehingga pada bulan Juni 1946 mereka tiba di pelabuhan sunda Kelapa batavia (Jakarta). Kurang lebih satu bulan di Jakarta untuk mencari Rev. James Deven yang telah berada di Indonesia sebelum perang dunia kedua sebagai utusan injil dari Assembils Of God, namun tidak di jumpai karena ia telah berada di kota Ambon. Kemudian mereka kembali ke kapal dan berangkat ke Ambon. Namun karena masih dalam masa pergolakan di mana Indonesia baru satu tahun memproklamasikan kemerdekaannya. Maka perjalanan mereka hampir memakan waktu tiga bulan. Di Ambon mereka di jemput oleh Rev. J. Deven yang bekerja untuk GSJA. Dikeluarga ini mereka tinggal untuk mempelajari bahasa Indonesia. Pada bulan Desember 1946 kedua Missionaris ini sempat mengikuti ibadah perayaan natal di kate-kate Ambon.

      Kemudian, setelah berdoa dan berpuasa mencari kehendak Tuhan tiba-tiba Rev. W.A. Parsons mendapat penglihatan yang begitu jelas akan Pulau Ternate dan halmahera. Pada bulan Mei 1947 Rev. W. A. Parsons secara pribadi datang mengunjungi kedua pulau tersebut. Dengan berumahkan kapal di pelabuhan ternate, ia berusaha mengurus surat-suratnya. Setelah selesai ia kembali ke Ambon untuk menjemput keluarganya. Sementara Rev. Eugene Loving bersama keluarga masih menetap di Ambon. Pada tanggal 10 September 1947 untuk kedua kali Rev. W.A. Parsons sekeluarga menginjakan kaki di kota ternate. Pada perjalanan kedua inilah ia baru menunjukan diri sebagai penjala manusia. Keluarga pertama yang di menangkan adalah Jau Suling kemudian Ma Pun dan keluarga Buce lie kesemuanya adalah suku Tionghoa. Pada saat itu rumah sementara di Kalumpang di jadikan tempat persekutuan dan basis pelayanan selanjutnya. Dari orang-orang inilah cikal bakal lahirnya Gereja Kalvari Pentakosta Missi di Indonesia. 

BAB II
PERMULAAN DI KOTA JAYAPURA

Pada awalnya Gereja Kalvari Pentakosta Missi di Indonesia ada di Kota Jayapura di bawa oleh Almahrum Pdt. Piet Ayomi berkisar pada tahun 1984 sampai 1985 dari Kota Biak. Organisasi ini ketika ada di Jayapura tidak memulai dari perintisan lagi sebab sudah lama Almahrum Pdt. Piet Ayomi mempunyai jemaat yang ia pimpin, yang pada awalnya adalah organisasi Gereja Bethel Indonesia (GBI). Namun ada alasan tertentu sehingga beliau keluar dari Organisasi Gereja Bethel Indonesia (GBI) dan memilih untuk bergabung dengan organisasi Gereja Kalvari Pentakosta Missi di Indonesia (GKPMI).  Sehingga dalam tahun - tahun itu hingga Musyawarah Nasional Gereja Kalvari Pentakosta Missi di Indonsia pertama kali di adakan di Jayapura pada tahun 1997 yang bertempat di BPG Kotaraja, maka terjadilah pergolakan diantara para pemimpin gereja di mana ada dua kubuh yang saling bertikai diantaranya ada yang pro terhadap Gereja Kalvari Pentakosta Missi di Indonesia dan sebaliknya, maka di situ terjadi perselisihan yang tak dapat terelahkan. Oleh sebab itu para pemimpin yang pro Gereja Kalvari Pentakosta Missi di Indonesia mengambil sikap untuk tetap mempertahankan organisasi GKPMI dan membangun gedung gereja yang baru, yang terpisah dari Gedung Gereja lama yaitu GKPMI Jemaat Bukit Zaitun, yang saat ini berubah nama menjadi Gereja Kalvari Pentakosta Missi di Indonesia jemaat Ekklesia Polimak II Jayapura.
   

BAB III
SETELAH PERSELISIHAN DAN MENGANTI NAMA MENJADI JEMAAT EKKLESIA
       Pada tanggal 3 Oktober 1997 tepatnya hari Jumat malam di mana pada waktu itu situasi belum kondusif pasca perselisihan beberapa waktu sebelumnya. Sehingga dengan tidak membiarkan keadaan ini berjalan tanpa arah yang jelas dalam situasi tersebut. Maka dengan inisiatif para hamba-hamba Tuhan yang tetap mempertahankan organisasi Gereja Kalvari Pentakosta Missi di Indonesia.
       Sehingga mereka melakukan pertemuan singkat dengan maksud  membangun gedung gereja baru dan membentuk Badan Pengurus Jemaat (BPJ) yang akan memimpin organisasi dan umat Tuhan kedepan serta membahas beberapa hal yang berkaitan dengan maksud tersebut untuk menjawab masalah tempo itu. Hamba-hamba Tuhan pada waktu itu diantaranya adalah Almahrum Bpk. Dominggus Reba, Almahrum Bpk. Yan Waimbo, Bpk. Linus Waimbo, Bpk Ferdinand Amamehi, Bpk. Theodorus Amamehi,  Bpk Ishak Seo dan beberapa tua-tua rohani lainnya.
       Dari hasil pertemuan tersebut maka pada tanggal 4 Oktober 1997, di mana belum ada keuangan yang mendukung dan sumber dana yang jelas. Namun, hanya bermodalkan swuadaya jemaat dan cinta akan pekerjaan Tuhan. Maka hamba-hamba Tuhan dan Jemaat serta di bantu oleh beberapa keluarga di lingkungan sekitar. Sehingga di bangunlah gedung gereja sementara dengan beratap tenda, yang pada itu menggunakan halaman rumah dari Almahrum Bpk. Dominggus Reba. Dengan struktur Badan Pengurus Jemaat (BPJ) sebagai Berikut :
Gembala Sidang                   : Bpk. Dominggus Reba.
Ketua Majelis                         : Bpk. Theodorus Amamehi.
Sekretaris                              : Bpk. Linus Waimbo, SE.
Bendahara                             : Bpk. Ferdinand Amamehi.
Ketua Pemuda                       : Bpk. Yan Waimbo, S.PAK.
Ketua Musik                          : Bpk. Ishak Seo.
Koor. Sekolah Mingu           : Sdri. Marselina Amamehi.
       Minggu, 5 Oktober 1997 merupakan langkah awal sejarah Gereja Kalvari Pentakosta Missi di Indonesia khususnya Jemaat Ekklesia yang telah berganti nama dari Jemaat Bukit Zaitun ke Jemaat Ekklesia setelah perselisihan. Sebab, pada hari itu untuk pertama kalinya jemaat ini melakukan Ibadah Raya Minggu pagi di gereja baru dengan beratap tenda biru. Ibadah ini dipimpin oleh Almahruma Ibu Helena Raunsai/Waimbo dan Pelayanan Firman adalah Bpk. Dominggus Reba sebagai gembala jemaat, dimana ibadah di iringi dengan alat musik tradisional. Meskipun demikian namun suasana dan hadirat Tuhan dalam ibadah pada hari itu membuat seluruh jemaat mendapat kekuatan baru dari Tuhan. Semua ini tidak berjalan mulus sebab dengan situasi gereja yang demikian maka timbulah ejekan dan cemoohan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
       Namun itu bukan menjadi suatu hambatan berarti melainkan itu merupakan pemicuh semangat dari hamba-hamba Tuhan dan Jemaat untuk berbenah diri lebih lagi. Hasilnya gedung gereja beratap tenda biru itu tidak bertahan lama sebab hanya berselang satu minggu kemudian gedung gereja ini sudah beratapkan seng permanen. Seperti yang terjadi sebelumnya sampai pada tahap inipun, pembangunan gedung gereja ini masih merupakan hasil swadaya jemaat dan janji iman.
       Adapun jumlah jemaat saat itu adalah 12 (Dua Belas) Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah jiwa 74 orang terhitung pemuda-pemudi dan anak-anak. Kepala Keluarga yang bergabung pada saat itu ialah :
1.    Kel. D.O. Reba.
2.    Kel. T.F. Amamehi.
3.    Kel. L.J. Waimbo.
4.    Kel. F.J. Amamehi.
5.    Kel. Y.P. Waimbo.
6.    Kel. I.S. Seo.
7.    Kel. Ibu F.M. Ayomi
8.    Kel. Ibu R. Aroy.
9.    Kel. P.H. Waimbo.
10.  Kel. Pdt. Ishak Bawatji.
11.  Kel. L.J. Ayomi
12.   Kel. Hababuk.
       Pelayanan inipun mulai berjalan seiring dengan bertambah waktu dan bertambah jiwa yang bergabung maka, terpikirlah oleh para pemimpin jemaat tentang suatu pembangunan gedung gereja baru yang merupakan iventaris organisasi Gereja Kalvari Pentakosta Missi di Indonesia. Mengingat status tanah gedung gereja yang pertama ini merupakan halaman rumah dari Bpk. Dominggus Reba.
       Selanjutnya, empat tahun kemudian setelah itu tepatnya tanggal 3 Juni 2001 maka atas penyertaan Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga diletakan batu pertama Gedung Gereja yang baru pada jam 15:00 Wit (3 Sore). Dimana kondisi gedung ini dibangun diatas gunung batu. Sejak saat itu pembangunan ini dikerjakan.
       Dalam pelayanan dan pembangunan ini juga ada begitu banyak suka dan duka yang dialami oleh jemaat. Mulai dari silang pendapat, sikap acuh terhadap pekerjaan, mementingan diri sendiri, dan lain sebagainya. Namun itulah perasaan yang dapat di gambarkan dalam pengiringan ini. Bahkan terlebih lagi suasana dukacita yang amat dalam di rasakan oleh jemaat ini ketika seorang figur yang merupakan harapan organisasi dan jemaat, dipanggil Tuhan untuk kembali ke rumah Bapa. Hamba Tuhan ini adalah satu-satu pelayan yang memilki pendidikan Teologi sampai pada jenjang strata satu (S1) dan itu merupakan pencapain terbaik bagi putra daerah dalam disiplin ilmu tersebut pada saat itu khususnya jemaat Ekklesia. Hamba Tuhan ini ialah Almahrum Bpk. Yan Waimbo yang pada tanggal 17 Juli 2003 dipanggil oleh Tuhan.
       Berselang empat tahun kemudian maka peristiwa yang sama pun terjadi dan untuk kedua kalinya dalam pelayanan ini. Kalau dalam peristiwa yang pertama hal itu terjadi dalam anggota Badan Pengurus Jemaat. Maka dalam kali kedua ini yang di panggil Tuhan ialah Gembala Sidang yang merupakan pucuk pimpinan dari Jemaat. Tanggal 5 Februari 2007 Almahrum Bpk. Pdt. Dominggus Reba harus beristirahat dari pelayanan ini. Jika dihitung masa bhakti sejak tahun 1997 sampai 2007 maka kurang lebih sepuluh tahun tahun Bpk. Pdt. Dominggus Reba  menjadi Gembala sidang di Gereja Kalvari Pentakosta Missi di Indonesia Jemaat Ekklesia.
       Dengan meninggalnya Bpk. Pdt. Dominggus Reba, maka Bpk. Theodorus Amamehi, yang awalnya ialah ketua majelis diangkat dengan penunjukan Badan Pengurus Jemaat  menjadi Gembala Sidang untuk menggantikan Almahrum Pdt. D. Reba. Dengan struktur Badan Pengurus Jemaat sebagai berikut :
Gembala Sidang         : Pdt. Theodorus Amamehi.
Ketua Majelis              : Pdt. R. Wutoy.
Sekretaris                    : Bpk. Linus Waimbo, SE.
Bendahara                  : Pdt. Ferdinand Amamehi. S.Sos.
Ketua Pemuda            : Pdt. Ishak Seo..
Koor. S. Minggu          : Ibu R.S. Wutoy.
       Setahun setelah peralihan penggembalaan tepatnya Minggu, 19 Oktober 2008. Maka untuk pertama kalinya Jemaat Ekklesia membuat Ibadah perdana di gedung geraja permanen yang baru namun hanya menggunakan lantai dua. Karena lantai utama masih dalam proses penyelesaian. Bulan Agustus 2009 diadakan Musda Ke-IV di kota Serui. Maka status gembala yang merupakan penunjukan sementara Badan Pengurus Jemaat (BPJ) ditetapkan menjadi gembala sidang pada Musyawarah Daerah tersebut, dan menjabat sampai sekarang ini. 
       Demikian yang dapat penulis sajikan. akhirnya penulis sangat mengharapkan kiritik dan saran dari pembaca khusus di kalangan Gereja Kalvari Pentakosta Missi di Indonesia wilayah jayapura. untuk mengarahkan tulis ini kepada sesuatu yang baik demi kepentingan bersama dan untuk Hormat dan Kemuliaan Tuhan.   

11 komentar:

  1. Semoga lancar, mohon update nya

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Penguji ..... jayachandra fadhlan
    Negara ...... Indonesia
    W / S ......... + 62 821-3272-6591
    Facebook ..... jayachandra fadhlan
    email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)

    Nama saya jayachandra fadhlan,
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, ada begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih atas hasil kerja keras Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menjadi buruk karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan tersebut adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSOTIK. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang disetujui oleh pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya diperbolehkan, dan memungkinkan ini membuat saya kehilangan uang, tetapi saya terpana. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya membutuhkan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lain untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Terima kasih lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran.

    Perusahaan ..... Karina Elena Roland perusahaan pinjaman
    W / S .......... + 1 (585) -708-3478
    Facebook .... Karina Elena Roland
    email ......... (karinarolandloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  4. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus
  5. Nama saya SHARON LOGAN, saya dari Washington DCUSA, saya ingin menggunakan media ini untuk menulis kepada orang-orang di internet yang sedang membutuhkan pinjaman nyata, bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman tanpa ditipu, ajukan permohonan dari KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah perusahaan yang tepat untuk melamar dari saya seorang guru saya telah ditipu 2 kali oleh perusahaan palsu yang berkeinginan menjadi pemberi pinjaman tetapi pada akhirnya ditipu, tetapi sekarang saya tidak lagi khawatir karena KARINA ROLAND telah membantu saya jadi jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melakukan proyek atau bisnis apa pun, perusahaan ini akan membuat Anda tersenyum. Saya juga telah memperkenalkan sebagian besar teman saya ke perusahaan ini dan hanya 2 teman saya yang memberi tahu saya bahwa mereka telah menerima pinjaman di sana, salah satu teman saya menerima pinjaman $ 39,000.00 dollar dan teman saya lainnya menerima sejumlah $ 65,000.00 dollar jadi siapapun yang membutuhkan pinjaman online ajukan dari perusahaan ini dan anda akan yakin, karena perusahaan ini sangat membantu dan Tuhan akan terus menggunakan mereka untuk membantu orang yang membutuhkan pinjaman . Jika Anda membutuhkan pinjaman online, ajukan dari perusahaan ini dan hubungi mereka melalui alamat email karinarolandloancompany@gmail.com atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 dan juga Anda dapat menghubungi saya melalui email sharonlogan023@gmail.com untuk informasi lebih lanjut , Terima kasih semua.

    BalasHapus
  6. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  7. Halo

    Nama saya INDAH BERKAH dari kota Bontang, Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang di grup ini yang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena ada scammer di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kerugian finansial dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di Singapura dan saya ditipu oleh orang-orang di singapura. Saya hampir putus asa sampai seorang teman saya menghubungi saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal dan tulus bernama Mrs MARIA ALEXANDER, pemberi pinjaman pribadi yang meminjamkan saya pinjaman sebesar 3 MILIAR tanpa tekanan pada tingkat bunga 2% yang merupakan bunga yang terjangkau tingkat bagi saya.

    Setelah transfer pinjaman saya ke rekening bank saya, saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan telah dikirim langsung ke rekening saya oleh Ibu MARIA ALEXANDER tanpa penundaan. Karena saya berjanji kepada ibu bahwa saya akan membagikan kabar baik agar orang-orang dapat dengan mudah mendapatkan pinjaman tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Mrs.MARIA ALEXANDER. Perusahaan Pinjaman Ibu sangat sah, mudah mendapatkan pinjaman, dapat diandalkan, terkenal dengan situs web perusahaan.

    HUBUNGI: IBU MARIA ALEXANDER
    Email ( mariaalexander818@gmail.com )
    ATAU whatsapp: +1 (254) 276-8402.


    Saya meluangkan waktu untuk menginformasikan semua bahwa Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: indahberkah011@gmail.com
    dan Ibu AMISHA CHAHAYA yang memperkenalkan saya dan bercerita tentang Ibu MARIA ALEXANDER, Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu MARIA ALEXANDER, Tahun baru ini 2022, Anda Juga dapat menghubunginya melalui email:( amishachahaya8@gmail.com ) Sekarang , yang akan saya lakukan hanyalah berusaha memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirimkan langsung ke rekening bulanan.

    HUBUNGI: IBU MARIA ALEXANDER
    Email ( mariaalexander818@gmail.com )
    ATAU whatsapp: +1 (254) 276-8402.

    Saya ingin berterima kasih kepada ALLAH SWT karena telah menggunakan Ms. MARIA ALEXANDER untuk mengubah kisah keuangan saya dan sekarang saya adalah pemilik yang bangga dengan bisnis saya, semoga Allah terus memberkati Ms.MARIA ALEXANDER dan terus menggunakannya untuk membantu kita semua dalam keuangan
    kesulitan.

    SEMOGA ALLAH MEMBERKATI KALIAN SEMUA.

    BalasHapus
  8. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus