Kamis, 28 Juni 2018

PENDEKATAN PSIKOLOGI KOMUNIKASI & KOMUNIKASI EFEKTIF

Mata kuliah Psikologi Komunikasi yang di ajarkan pada Mahasiswa Semester VI, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi, Sastra, Sosial dan Politik (FESSOSPOL) Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (Week 3) 







12 komentar:

  1. Febry Oktavira Widyaningrum
    (17 821 007)

    Tolong jelaskan secara rinci pengertian strategi of identification serta berikan contohnya didalam kehidupan sehari-hari


    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan yang baik sekali...........
      Strategy of identification ialah sebuah pendekatan yang dilakukan oleh komunikator kepada komunikan (khalayak) untuk menunjukan kesamaan antara dirinya dengan komunikan. Oleh sebab itu maka sebelum komunikator berbicara kepada masa/khalayak; maka ia perlu mengetahui apa yang sedang di alami oleh khalayak tersebut. Jadi lebih dahulu mengindetifikasi komunikan sehingga pesan yang di sampaikan dapat di terima karena sesuai dengan keadaan komunikan.

      Contohnya : Seorang Komunikator yang sedang beretorika/berpidato di depan khalayaknya yang merupakan kaum buruh maka ia harus menyesuaikan pesan yang disampaikan dengan kondisi dan keadaan yang di alami oleh kaum buruh tersebut dan komunikator juga menunjukan kesamaan dirinya dengan hal tersebut. Sehingga terbangun rasa sepenanggungan antara komunikator dan komunikan.

      Hapus
  2. Pada penjelasan diatas, maksud dari kredibilitas adalah seperangkat persepsi komunikate tentang sifat-sifat komunikator.
    Yang saya mau tanyakan adalah, apakah kredibilatas dari seorang komunikator sangat bergantung pada apa persepsi dari para komunikate?

    Terimakasih bapak..


    Ivana Ericka Waromi
    (16 821 010)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan yang baik sekali..........
      Kredibilitas Komunikator sangat bergantung pada persepsi komunikan/khalayak. Karena Kredibilitas adalah seperangkat persepsi komunikate tentang sifat-sifat komunikator.

      Hapus
  3. Erik Maulana
    17 821 016

    Apakah kredibilitas sama halnya dengan wibawa seseorang maupun orang yang sangat tau betul akan apa yang ia geluti (dalami), toh bisa saja kredibilitas kita yang memang bukan rana dari apa yang kita dalami bisa kita buat dengan retorika kita sendiri agar citra dari dalam diri kita tidak goyah?!

    BalasHapus
  4. Bapak apa yg menjadi hal yang mendasar dalam ilmu psikologi sehingga iya dapat memprediksi respon masa lalu dapat meramal respon yg akan datang? Dan apakah prediksi respon itu akan benar2 terjadi atau hnya sebatas pemahaman dan pemikiran dari seseorang(mnurut parah ahli)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slmt mlm bpk, d sni saya mau tanya, apa perbedaan pembicara pada media yg memiliki kredibilitas tinggi dibandingkan drngan pembicara pada tingkat RT dan Contohnya seperti apa ya bpk ?

      Hapus
    2. Halo Onci....
      Respon seseorang terhadap sesuatu di masa lalu akan menjadi rujukan bagi respon yang sama untuk mengetahui respon yang akan datang, dan hal itu merupakan prediksi dan tidak berarti harus sesuai bisa saja sama namun bisa juga tidak sama, hal ini pun relatif. Namun setidaknya dengan hal itu, kita bisa belajar dengan pengalaman untuk lebih baik di masa akan datang.

      Hapus
    3. Halo Jermias,
      Kredibiltas seorang yang berbicara di media masa lebih tinggi dibandingkan dengan di tingkat RT karena hal ini bersifat situasional, berhubung seorang yang cakap akan ditampilkan di media massa dan ditingkat RT lebih rendah karena ruang lingkupnya yang sangat terbatas.

      Contohnya seorang artis pasti lebih populer karena tampil di media masa dari pada seorang yang selalu berbicara di tingkat RT.

      Hapus
  5. Wahyudi Akbar
    17 821 010

    Selamat Sore pak,
    Mengenai karakteristik komunikator.. bagaimana pendapat bapak jika pada situasi sekarang ini disaat wabah covid-19 pemerintah berbicara dan mengambil tindakan berdasarkan persepsi atau sudut pandangnya dan juga dari beberapa faktor lainnya, sedangkan para tenaga medis dan beberapa influencer yang juga berperan di bidang medis dimana mereka berbicara berdasarkan persepsi dan sudut pandang mereka yang mengalami dan berhadapan langsung dengan apa yang terjadi.. siapakah yang memiliki kredibilitas itu ? dan apa alasannya pak ?

    Terima Kasih Sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Helo Wahyu....."
      Pada dasarnya masing-masing pihak tersebut mempunyai kredibiltas masing-masing, oleh sebab itu di harapkan kedua pihak tersebut di mempunyai kesepahaman agar tidak menimbulkan kebingungan di pihak publik... karena pada dasarnya keduanya mempunyai kredibilias.

      Hapus
  6. Slmt mlm pak
    Tolong jelaskan Didalam Psikologi komunikasi berorientasi pada proses
    -kognitif,
    -afektif Dan
    -konatif
    Berikan masing-masing penjelasan

    BalasHapus